Cara Merawat Batu Akik Kalimaya

Cara Merawat Batu Akik Kalimaya – Sekarang ini masyarakat sedang heboh dengan kemunculan batu mulai dari batu permata yang telah tenar hingga sekrang ini batu akik dan mulia mulai buming di negri kita ini. Tak heran dari kalangan orang tua, bapak, ibu, remaja sampai anak kecilpun turut ramai memakainya. Banyak berbagai batu akik dan batu mulia yang sekarang ini kita bisa jumpai salah satunya adalah Batu Akik Kalimaya. Hingga saat ini mungkin masih tidak sedikit orang yang masih belum mengetahui cara merawat batu akik Kalimaya, khususnya bagi mereka yang mungkin masih berstatus pemula dalam dunia batu mulia atau batu akik. Pasalnya diketahui bahwa jenis batu mulia atau batu akik seperti batu Kalimaya sendiri memiliki tingkat kerapuhan yang tergolong tinggi atau rentan pecah, hal tersebut karena diketahui bahwa jenis batu kalimaya sendiri lebih banyak memiliki kandungan mineral di dalamnya yang jika di prosentasekan hingga mencapai 5 hingga 6%.

Kumpulan Batu Kalimaya Dan Khasiatnya

Selain itu, walaupun jenis batu mulia ini dikatakan sebagai salah satu jenis batu akik yang cantik karena memiliki bias warna yang sangat beragam, namun rupanya tingkat kekerasan dari batu ini juga memang sangat rendah. Yaitu berkisar pada kisaran nilai 5 hingga 6 dalam hitungan skala mohs, sehingga tak heran jika kondisi batu ini memang rentan terhadap berbagai benturan karena akan membuatnya retak bahkan hingga pecah, maka dari itulah mengapa jenis batu akik ini dikatakan membutuhkan perawatan khusus tersendiri.

Cara Merawat Batu Akik Kalimaya

Selain itu, motif warna-warni atau yang juga dikenal dengan sebutan jarong pada batu kalimaya ini tidak serta merta timbul begitu saja, karena untuk mengeluarkana bias warna-warni pelangi tersebut juga membutuhkan cara tersendiri yang membutuhkan ketelatenan dan juga kesabaran. Dan cara untuk mengeluarkan bias warna atau jarong pada batu kalimaya tersebut juga rupanya diketahui sebagai cara perawatan dari jenis batu akik tersebut, dan berikut ini adalah cara merawat batu akik Kalimaya yang dapat kita ketahui bersama.

Sebenarnya inti dari cara merawat batu kalimaya sendiri adalah menjaga kadar mineral yang terdapat di dalam batu akik tersebut, karena seperti yang telah dijelaskan di atas tadi bahwa jenis batu akik ini memang mengandung cukup banayk kandungan mineral. Dan jika kandungan mineralnya berkurang maka diketahui bahwa batu kalimaya tersebut akan mudah retak dan pecah, maka dari itulah untuk merawatnya anda dapat selalu membasahi batu kalimaya tersebut dengan menggunakan cairan.

Dan konon, bias warna pelangi atau jarong pada batu kalimaya sendiri dapat cepat timbul dengan merendamkannya di dalam air hujan yang sudah di tampung lalu dijemur, juga dapat merendamnya dengan menggunakan cairan seperti baby oil, hingga memasukannya kedalam air teh yang sudah diseduh selama 2 hari terlebih dahulu dan biarkan selama kurang lebih 1 minggu.

Itulah beberapa cara yang dapat kami sampaikan tentang Cara Merawat Batu Akik Kalimaya. Semoga tips pada kesempatan kali ini bisa bermanfaat untuk anda dan tentunya bisa menambah wawasan anda tentang batu akik ini. Anda juga bisa membaca artikel batu lainnya yang berada di website jenisbatuakik.info karena banyak sekali disini artikel menarik lainnya yang harus anda ketahui.