Cara Merawat Batu Mani Gajah

Cara Merawat Batu Mani Gajah – Banyak berbagai batu akik yang sekarang ini kita bisa jumpai salah satunya adalah batu mani gajah. Berbagai macam tips merawat batu Mani Gajah mungkin memang dapat dikatakan tidak akan terlalu berbeda jauh dengan cara perawatan batu akik pada umumnya, hanya saja mungkin memang akan terdapat beberapa cara perawatan yang berbeda karena kondisi batu tersebut. Batu Mani Gajah sendiri memang merupakan salah satu jenis batu mulia yang masuk pada kategori fosil, ya, karena diketahui bahwa jenis batu mulia tersebut memang terbentuk dari cairan mani atau sperma gajah yang kemudian mengkristal setelah puluhan tahun bahkan menginjak waktu ratusan tahun.

Contoh Batu Mani Gajah Kristal

Maka dari itulah mengapa jenis batu ini memiliki nilai yang sangat tinggi karena pada saat ini jenis batu fosil tersebut sudah terhitung langka, pasalnya seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa proses kristalisasi tidak mungkin berlangsung hanya dalam hitungan 1 atau 2 tahun melainkan membutuhkan waktu yang sangat lama. Maka dari itulah untuk anda yang berkesempatan dapat memilikinya harus merawat dan menjaganya dengan baik, dan berikut ini adalah beberapa tips merawat Batu Mani Gajah yang dapat kita ketahui bersama.

Cara Merawat Batu Mani Gajah

  1. Sebenarnya untuk melakukan perawatan pada batu kristal mani gajah sendiri tidak berbeda jauh dengan perawatan batu akik pada umumnya, untuk menjaga kilauan pada permukaan batu kristal tersebut maka anda pun dapat mengoleskan cairan minyak essensial seperti minyak zaitun ataupun baby oil yang memang tidak memiliki kandungan alkohol di dalamnya.
  2. Oleskan secara merata pada seluruh permukaan batu kemudian anda pun dapat memolesnya secara lembut dan perlahan dengan menggunakan bahan yang halus seperti kain katun, atau anda juga dapat menggunakan bahan yang biasa digunakan untuk memoles batu akik pada umumnya yaitu menggunakan kertas serbuk intan.
  3. Yang berbeda dari jenis batu akik lainnya adalah mungkin dari cara penyimpanannya, dimana untuk jenis batu fosil ini sebaiknya disimpan di tempat yang kering dan terjauh dari paparan sinar matahari langsung ataupun di tempat yang lembab. Hal tersebut bertujuan agar kualitas batu tetap terjaga, karena diketahui bahwa jenis batu fosil ini memang terhitung rapuh dan mudah hancur atau pecah.

Itulah beberapa langkah yang dapat anda praktekan untuk cara merawat batu mani gajah ini. Sekian semoga info tadi bermanfaat untuk anda baca. Jangan lupa baca juga artikel lainnya agar pengetahuan tentang batu bertambah.