Ciri Khas Batu Obsidian

Ciri Khas Batu Obsidian – Banyak berbagai batu akik yang sekarang ini kita bisa jumpai salah satunya adalah obsidian. Mungkin anda salah satu penggemar Batu Jenis Obsidian. Tapi sebelum anda berniat untuk memiliki Batu Obsidian anda harus mengenal dulu Ciri-Ciri Batu Obsidian Yang Asli. Oleh karena itu kali ini akan berbagi sedikit pengetahuan kepada anda mengenai Ciri Khas Batu Akik Obsidian Asli.

Bahan Batu Obsidian

Batu Obsidian sebenarnya bukan masuk kedalam batu batuan mineral tambang, melainkan bebatuan yang dimuntahkan oleh gunung berapi yang keluar bersama magma pijar kemudian mengeras dan mendingin dan mengalami penurunan suhu karena perbedaan temperatur. Perbedaan temperatur ini disebabkan karena magma pijar yang suhunya mencapai ribuan derajad celcius menjadi menurun karena suhu diluar bumi yang cenderung rendah.

Proses mengerasnya magma pijar ini bisa disebabkan karena proses terkenanya magma dengan air atau air hujan. Batu Akik Obsidian banyak dijumpai di lereng lereng gunung berapi yang masih aktif. Kadang kadang kita bila menggali di kedalaman 30 cm sampai 1 meter menemukan batu ini. Tempat yang banyak ditemukan batu obsidian adalah lereng gunung Berapi di kabupaten Boyolali. Gunung ini masih tergelong aktif dan produktif. Berikut ini beberapa ciri ciri batu obsidian asli

Ciri-Ciri Batu Obsidian Asli

  1. Warnanya bening seperti kaca dan warnanya kadang-kadang hitam mulus, merah tua, agak hijau atau abu-abu.
  2. Warnanya bervariasi tapi jarang yang berwarna kuning atau merah putih atau biru, walaupun ada pasti harganya akan mahal karena termasuk jenis langka.
  3. Banyak terdapat dilereang lereng gunung berapi atau gunung pasif yang dahulunya pernah mengeluarkan lahar.
  4. Warnananya agak tembus seperti kaca.
  5. Termasuk batu mulia tanggung.
  6. Batu obsidian sering ditemukan dalam keadaan mengkilau mulus walaupun belum dipoles.
  7. Batu obsidian terbuat dari 70% silik0n dioxide bahkan lebih dan jika tercampur mineral mineral tertentu warnanya akan berubah.
  8. Batu obsidian memiliki tingkat kekerasan mencapai 5-5.5 berdasarkan daftar skala Mohs dan termasuk batu mulia tanggung.

Itulah bebrapa ulasan mengenai ciri khas batu obsidian semoga info yang kami sajikan kali ini dapat menambah pengetahuan anda untuk mengenali batu obsidian ini. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya tentang berbagai jenis batu menarik lainnya.